Friday, November 26, 2010

PENYEBAB PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Kebudayaan ialah hasil karya manusia yang berkembang dan diwariskan secara turun menurun. Banyak sekali peubahan perubahan yang terjadi terhadap budaya tersebut. Factor – factor yang menjadi penyababnya antara lain :
Modernisasi , menurut saya modernisasi itu adalah suatu perubahan yang dialami masyarakat dari tradisional menjadi modern. Misalkan zaman dahulu jarang ada alat komunikasi seperti sekarang. Dulu masyarakat masih menggunakan handphone atau telepon genggam yang masih ada antenanya, kalau di masa ini kita masih memakai telepon genggam yang model atau bentuknya masih seperti zaman dahulu pasti kita disebut “jadul”. Kemudian dalam hal berkendaraan , zaman ibu bapak saya masih anak-anak berumur 10 tahun, mereka pergi ke sekolah tidak menggunakan kendaraan beroda empat melainkan beroda dua yaitu sepeda. Zaman dahulu belum ada mobil – mobil mewah seperti sekarang ini.
Globalisai dibantu oleh majunya teknologi dan menyebarkan cara hidup modern khususnya bagi orang – orang bagian barat. Masyarakat Indonesia banyak juga yang mengikuti gaya hidup orang barat, misalkan dalam hal pernikahan. Seharusnya masyarakat yang tinggal di Indonesia itu joke mau menikah mengikuti adat daerah masing – masing. Tapi tidak jarang juga yang mengikuti budaya barat. Misalkan memakai gaun putih dan pestanya diadakan di tempat-tempat yang mereka inginkan.
Di zaman sekarang banyak masyarakat yang mementingkan diri sendiri, tidak seperti dulu sangat mementingkan kebersamaan. Masyarakat sekarang lebih mementingkan kesenangan duniawi, tidak seperti dahulu sangat mementingkan kebahagian dunia dan akhirat.

No comments:

Post a Comment